Senin, 10 Januari 2011

facebook effect


Abad ini ada penemuan canggih di dunia IT, situs jejaring social…..awalnya FS atau friendster, lalu muncul hi5, tagged, dan lainnya hingga yang paling heboh skr FB atau facebook. Awalnya aku tak sengaja tercebur kedalamnya hanya krn seorang teman merengek minta agar aku masuk dalam salah satu daftar temannya di FB, demi dia, aku aktifkan FB tersebut, tapi tidak pernah memperdulikan FB yang dielu2kannya sebagai sesuatu yang lebih canggih dr FS, krn aku hanya berkutat dengan FS saja, walopun itu tidak masuk dalam katagori maniak tapi aku bisa menemukan kembali teman2 masa lalu ku dan juga akhirnya FB pun telah melakukan hal yang sama.

Banyak hal terjadi di balik fenomena FB ini, mulai dari kembali bertemu teman2 super duper lama, tingkat kepedean meningkat, dan keajaiban2 lain nya, aku takjub akan fenomena FB ini, biasanya hanya kaum hawa yang memiliki taraf narsis yang tinggi, tapi kini narsis award sudah di genggam oleh kaum adam, perlu bukti? Coba saja liat foto profil mrk yang selalu berganti2, atau status2 tak penting yang selalu di update setiap bbrp menit sekali, belom lagi untuk foto profil tsb para kaum adam rela bergaya centil di t4 umum untuk mengabadikannya, walau tak semua (krn adik lelaki ku tak tergiur untuk memiliki fb di tengah gempuran semua saudara2 kami yang merayu nya untuk mengaktifkan FB) tapi ini sudah menjadi kebutuhan jiwa mayoritas kaum adam saat ini, demi menunjukkan ke eksistensian nya, malah bbrp teman pria ku yang ku tahu sangat2 kaku mulai menunjukkan gejala2 yang aneh, status fb nya selalu di update dengan berita2 tak penting yang menurut ku sangat2 over lebay…..….belum lagi kaum tua…..mereka juga menunjukkan gejala2 yang tak kalah mengejutkan, ada seorang bapak2 beranak 3 ber istri 1, teman alm. Papaku, beliau sangat2 ajaib…..segala status yang tak penting di update layaknya seorang ABG…..bahkan memuji istri pun di FB *dengan ps di bawahnya berharap agar si istri tak membaca pesan tsb krn ia sangat jangat memuji sang istri secara langsung*……ckckckckckckck……

Berbeda dengan kaum adam, kaum hawa memiliki kebiasaan berfoto yang akut termasuk diriku, mulai dari gaya yang biasa, normal hingga hiper…..yang buat aku takjub adalah gaya berfoto abad ini, gaya yang mempelihatkan kalau mereka imut2 (padahal menurut ku malah gaya tsb sangat2 mengenaskan) gaya foto dengan menggelembungkan kedua pipi….seolah2 tembem dan berbibir mungil, di mata ku gaya tsb seperti gaya org yang sedang menahan muntah (mengapa tidak coba menggemukkan diri kalau ingin tampil segar n imut?)….. belom lagi gaya2 berfoto lain yang mengadopsi gaya artis2 korea n jepang….yang kuliat seperti pose senyum seekor kucing……walaupun aku penggemar film2 korea, jepang, mandarin n lainnya tapi aku bukan penganut gaya foto menahan muntah n senyum kucing, lebih tragis lagi ada bbrp pengguna FB yang memajang foto mesum di FB nya, ntah apa maksud n tujuannya…….

Ada lagi yang lebih menakjubkan sekarang banyak orang yang berdoa di FB…walopun Allah ada di mana2 tapi pantaskah??????????????? Doa yang hanya antara kita n Allah yang tahu, doa yang menjadi sarana kita berduaan dengan Allah telah di eksploitasi sedemikian rupa di dalam FB…… ada juga yang menjadi korban dari game2 online yang disediakan FB, yang paling heboh abad ini adalah poker… banyak yang tak tidur akibat poker, banyak yang stress n juga jatuh miskin akibat poker, ada yang memaki2 sahabatnya hanya krn sang sahabat tidak mau membagi2kan chips nya, atau terlalu mahal menjual chips nya, ada juga yang krn kekalahannya laptop atau komputernya di banting, kebanyakan simpatisan poker adalah umat muslim, sangat menyedihkan sekali, judi yang diharamkan kini akrab dengan umat muslim sedunia….dengan alasan “kan Cuma permainan….”, “Cuma sekedar have fun”, “Cuma sekedar pengisi waktu luang”, aku pernah bertanya pada salah satu penikmat poker, apakah dia tau itu judi, “ya” jawabnya, lantas tahukah dia apa judi itu di larang? “ya” jawabnya, lalu mengapa di kerjakan juga “krn kan Cuma sebuah game yang tidak menggunakan uang” jawabnya……lalu kutanyakan lagi apakah kamu tahu siapa pemilik facebook? “zinga” katanya…..ketika kuberitahukan nama n latar belakang si pemilik FB dia terkaget……tetapi selanjutnya dia kembali normal seperti biasa…..aku bukan nya diskriminasi atau rasial tapi aku masih bisa menggunakan akal sehat ku yang merupakan karunia n nikmat dari yang Maha Pencipta….facebook atau sejenisnya, internet atau semacamnya hanyalah salah satu cara kita bisa berhubungan dengan dunia luar…bukan satu2 nya cara……ingat bukan satu2nya cara, maka begitu keluar isu FB akan segera di tutup n BB akan segera di blokir…..aku tidak merasa duniaku akan runtuh……walaupun banyak teman yang merasa dunia akan kiamat pa bila FB di tutup, ada yang memaki, ada yang sedih dan ada yang bersyukur….aku berada di tengah2 nya….aku tidak merasa sedih dan juga tidak merasa senang krn hidup ku tidak kugantungkan pada apapun selain Allah walaupun FB telah mempertemukan aku dan teman2 lama ku krn aku tahu itu semua juga merupakan jalan dari Allah……bagaimana dengan kamu???

0 komentar:

 
template by suckmylolly.com