Senin, 28 Februari 2011

Menjadi seorang pengawas


Tanggal 20 feb 11 lalu aku di daulat untuk menjadi salah satu tim pengawas olimpiade bahasa jepang se aceh, awalnya agak malas2an tetapi ketika pagi hari tanggal 20, tubuh ini terasa sangat bersemangat untuk menghadapi tantangan n pengalaman baru tersebut….

Dengan berbekal hasil briefing, aku memulai tugas ku, mulai dari menentukan kursi para peserta hingga memberitahukan aturan yang musti di patuhi selama mengikuti olimpiade.

Ketika aku memulai semuanya, para peserta mulai ribut dan mengeluh, belum lagi tatapan bermusuhan yang mereka tampilkan, membuat aku sedikit bergidik…maklum anak2 jaman sekarang terkenal lebih berani n ganas…..

Ketika kertas ujian n jawaban telah ku bagikan dan waktu ujian telah dimulai, aku memulai aksi “mengawas” ku, rasanya geli ketika menyadari kalau aku sedang bertugas mengawasi para anak2 sekolah ini, seolah aku bisa melihat diri ku sendiri sewaktu masih sekolah, selalu saja deg2an apa bila melihat pengawas yang bermata awas n jeli, aku yang bertugas sebagai pengawas benar2 menikmati momen ini…..setiap murid2 itu ku dekati mrk mulai gelisah…..

Kini aku tau bagaimana mata seorang pengawas, dari sudut manapun juga aku berdiri, aku tetap bisa melihat n merasa siapa2 dari peserta yang curang, yang berniat mencontek teman sebelahnya…..setidaknya aku jadi melihat situasi ini dari sudut pandang seorang pengawas dan itu memberikan ku pengalaman yang mendebarkan juga mengasyikkan, aku bisa melihat sedikit dari psikologi para peserta..aku jadi tau mana murid2 yang serius dan mana yang ikut hanya karena di paksa…..kalau di pikir2 dulu, berarti dulu itu, aku dan teman2 telah ketahuan dari awal ketika mulai berniat untuk berlaku curang hehehehehehe……

0 komentar:

 
template by suckmylolly.com